SOLUSI MATHERBOARD MATI

kalo agan di hadapkan pada matherboard yg tiba-tiba gak mau nyala. meskipun udah kita cek dgn PS baru, RAM baru, bahkan processor baru tp tetep gak mau nyala. jangan dulu agan vonis bahwa matherboard nya mati.coba ikuti beberapa langkah di bawah ini

1. agan angkat dulu matherboard dr cesing bersihin dr debu supaya bisa di lihat jelas kondisi matherboard sebenanrnya.. 
bila perlu pke kompresor angin.cek bios, jalur n jumper matherboard ada yg kena kotoran taw ga (debu, dll) pastikan bersih semua.. jgn lupa ketika bersihin copot dulu peripheral sprti RAM, proc, n kabel2. setelah udah yakin bersih lalu coba tes di luar cesing.. terkadang udah nyala loh.. hal ini dikarenakan kadang bios, jalur or jumper tertutup debu n kotoran hingga gak bekerja secara normal. 

2. kalo tetep gak nyala copot semua komponen yg nempel di matherboard trus cuci dengan tiner yg cpt kering dengan menggunakan kuas yg rambutnya agak keras n panjang.. cari aja di toko material banyak kok.. (klo gak ada numpang z di temen yg suka servis hp mereka biasanya pke tiner buat bersihin mesin hp) pastikan bener bersih2.di bagian bawah n atasnya matherboard juga..(hati2 segel kl msh garansi) keringkan dengan blower (pinjem punya temen yg tukang servis handphone lg)tp jangan terlalu dekat nanti komponen motherboard bisa terbakar.. agak jauh aja n mesti sabar biar bener2 kering.. nah udah itu coba deh test lg.. nyala ato gak.. oy jangan lp chip bios, proc, n ram di copot ketika bersihin dengan tiner.. biasanya pd tahap ini banyak yg berhasil loh..

3. kalo tetep aja ga berhasil solder ulang semua patrian elco (kapasitor) di bagian regulator (biasanya sekitar procesor) hal ini untuk memastikan arus nyampe pd komponen tersebut.. coba test lg.. kalo gak nyala berarti yg kena chip bios or chipset.. coba panasin chip bios n chipset tersebut dgn blower tp jangan terlalu panas.. tujuannya untuk merangsang chipset spy bisa bekerja lg.. ^_^ 

selamat mencoba gan.....

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Baca Juga :

Loading

select your language

 

Blog Archive

Sms Gratis

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru dari Hatad langsung ke Email anda


Masukkan Email Anda

FOLLOWERS



 

Templates by Hatad | Powered by Blogger