Tips Merawat Flasdisk agar Awet dan Tahan Lama

TIPS MERAWAT DAN MEMPERBAIKI FLASHDISK
agan semua pasti memiliki sebuah Flash Disk, Pen Drive, ataupun memori drive. Kemudahan dan kemampuan dalam menyimpan data portable sangat mengagumkan mengingat bahwa Eksternal Hardisk sebagai Penyimpanan data portable sangat mahal harganya. Hayo siapa yang belom punya flash disk angkat kaki :D

Maka dari itu saya akan memberikan sedikit informasi yang saya ketahui tentang bagaimana cara merawat dan menyelamatkan Flash Disk agan.

Hal-hal yang harus diperhatikan bagi para pemilih Flash Disk diantaranya:
1. Selalu lakukan back-up data atau file-file penting agan ke CD ataupun harddisk komputer agan. Hal ini perlu dilakukan mengingat kita tidak tau kapan dan dimana Flash DIsk agan akan mengalamai kerusakan.

2. Selalu simpan flash Disk agan ditempat yang aman dan kering. Tempat yang lembab dapat mengakibatkan kerusakan (secara tidak langsung) pada Flash DIsk agan.

3. Pada saat mencabut Flash Disk yang telah terkonek pada Komputer, usahakan selalu menggunakan fasilitas "Safely Remove USB Mass Storage Device" atau nama gaul nya adalah "EJECK" Hal ini memperkecil kemungkinan bad sector atau error pada Flash Disk agan.

4. Gunakan Flash Disk pada saat yang diperlukan saja, maksudnya jangan terlalu sering menghubungkan Flash DIsk agan dengan Komputer jika memang tidak diperlukan. Saya beranggapan bahwa Flash Disk memiliki umur pakai yang salah satunya di hitung dari jumlah Read and Write File kedalam Flash Disk tersebut.

5. Segera bersihkan jika Flash DIsk agan terserang virus-virus lokal. Menurut saya virus-virus lokal lebih berbahaya dan lebih sering menyerang Flash Disk daripada menyerang system pada komputer agan.

6. Lakukan ScanDisk pada flashdisk agan jika agan merasa flash disk agan sering digunakan untuk Read and Write File.

Jika Flash Disk agan sudah terlanjur mengalami kerusakan, disini saya ingin berbagi ilmu bagaimana cara mengatasi masalah. Masalah yang terjadi pada Flash Disk banyak jenis dan sebabnya, maka kali ini saya akan membahas masalah yang sering / umum terjadi saja.

Mengatasi Flash Disk yang tidak terdeteksi oleh OS (komputer).
Kemungkinan-kemungkinan yang terjadi jika Flash DIsk agan tidak terdetiksi diantaranya:

1. Driver USB agan tidak tersedia / rusak / hilang, lakukan pengisntallan kembali driver USB agan.
2. Settingan BIOS, mungkin tanpa disengaja settingan pada BIOS untuk USB di Disable, Enable-kan settingan pada BIOS dan coba kembali.

3. Port USB agan mulai rusak. Cobalah untuk menggunakan port lain atau gunakan terminal USB yang banyak dijual.

4. Rusak secara Fisik, Kemungkinan yang terakhir ini cukup sulit untuk memperbaikinya, cobalah untuk memformat Flash Disk agan.

Cara Memformat Flash Disk agan

1. Untuk memformat Flash Disk anda dapat menggunakan command Prompt dengan cara mengetikkan "Format [lokasiFD]:/f" misalnya "Format E:/f" pada command prompt agan (tanpa tanda petik).

2. Cara kedua adalah dengan menggunakan Aplikasi yang dikeluarkan vendor HP, aplikasi ini dpat digunakan meskipun Flash Disk anda bukan bermerek HP. Cara penggunaanya cukup mudah, GUI dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai Fasilitas Format pada Windows.
Mungkin sekian dulu tips merawat Flash Disk agar awet dan tahan lama.

3 komentar:

selimut

ada yg bilang umur flashdisk tergantung frekuensi hapus-copy data gan, sampe 10.000x atau brp gitu. Setelah itu tdk bisa dipakai lagi.CMIIW

Unknown

Terimakasih informasinya, sangat bermanfaat

Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami di nomor 082150065758 (WA) atau 085646675004 atau 081944808466. Bisa juga melewati BBM 2A9BE37C

Unknown

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Baca Juga :

Loading

select your language

 

Dapatkan Kiriman Artikel Terbaru dari Hatad langsung ke Email anda


Masukkan Email Anda

FOLLOWERS

 

Templates by Hatad | Powered by Blogger